Beberapa Manfaat dari Adaptasi Teknologi Pada Sektor Perikanan

Ilustrasi teknologi

Semakin lama, perkembangan teknologi di dunia semakin hari semakin maju. Hal ini mempunyai dampak besar, termasuk pada sektor perikanan dan kelautan di seluruh dunia. Pemanfaatan teknologi sangatlah dibutuhkan agar tercipta keseimbangan antara pemanfaatan dan pelestarian. Namun, Dampak dari pemanfaatan teknologi harus dipertimbangkan supaya hewan yang ada pada laut dapat berkembang dengan baik dan laut dapat selalu terjaga.

Baca Juga:

Berikut adalah beberapa manfaat dari adaptasi teknologi pada sektor perikanan:

  1. Lebih efisien dalam budidaya ikan air tawar

Teknologi sekarang sangat berguna bagi pembudidaya ikan, para pembudidaya ikan dapat bekerja lebih efisiens sehingga dapat lebih cepat dan mudah. Hal itu, karena para pembudidaya ikan dapat menggunakan authomatic feeder dalam sistem budidaya ikan, hal ini berguna agar para pembudidaya dapat mengatur waktu dan jumlah pemberian pakan melalui ponsel pintar mereka. Sehingga pemberian pakan dapat ditekan dan pemberian pakan akan lebih mudah.

  1. Mempermudah para nelayan

Dengan kemajuan teknologi saat ini, para nelayan bisa dapat lebih mudah menangkap ikan lebih mudah berkat bantuan gps. Para nelayan dapat menentukan arah kecepatan kapal dan jarak tempuh kapal. Sehingga para nelayan dapat lebih mudah menentukan tempat penangkapan ikan yang bagus.

  1. Akustik Kelautan

Metode akustik adalah proses mendeteksi target di laut dengan cara mempertimbangkan proses-proses perambatan suara. Metode akustik sangat berguna bagi para nelayan karena bisa mendeteksi keberadaan ikan dilaut. Sehingga para nelayan akan lebih mudah dalam mencari ikan.

  1. Sistem resirkulasi

Sistem resirkulasi dan pengendalian mikroba guna untuk mencegah penyakit ikan. Kedua sistem ini sangat berguna pada sektor perikanan. Teknologi sistem resirkulasi harus dikembangkan, karena sangat penting bagi kondisi kualitas perairan yang semakin terdegradasi. Aktivitas industri dan pertambangan yang terlalu berlebihan sangat merugikan para pembudidaya karena, dapat mengakibatkan banyak kematian pada ikan.

  1. Meningkatkan nilai tambah ikan

Nilai jual pada ikan bisa bertambah dengan cara mengolahnya menjadi bahan makanan. Biasanya ikan diolah menjadi banyak variasi olahan makanan seperti, ikan dalam bentuk kaleng, krupuk, terasi, dan masih banyak lagi. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan nilai jual pada ikan dan sekaligus menjadikan bahan tersebut menjadi lebih awet.

  1. Meningkatkan produk-produk dengan bibit unggul

Anda akan bisa menghasilkan produk perikanan budidaya yang berkualitas berkat penggunaan bibit unggul benih dan induk unggul. Ada beberapa teknologi yang mampu mencetak induk atau benih unggulan yang bebas dari berbagai macam penyakit, antara lain teknologi SNP atau single nucleotide polymorphism yang berguna untuk mengetahui DNA yang dibutuhkan dalam menghasilkan bibit atau induk unggul.

  1. Untuk eksplorasi laut

Pada saat ini ada teknologi SIG atau Sistem Informasi Geografi. Teknologi Sistem informasi geografi berguna untuk memetakan kondisi dan peristiwa yang terjadi di bumi. Teknologi ini sangat berkembang pesat dengan jalannya perkembangan teknologi komputer atau teknologi informatika. Teknologi ini menggambarkan suatu topografi pada suatu daerah ataupun batas-batas pada suatu wilayah.

Nah, itu dia beberapa manfaat teknologi pada sektor perikanan. Semoga artikel yang saya buat ini dapat memberika manfaat dan wawasan bagi banyak orang.

Leave a comment