Wajib Anda Tau, Kriteria Pakan Berkualitas Sebelum Budidaya Ikan Nila

Pakan Ikan Nila

Jenis pakan ikan nila yang berkualitas akan menghasilkan ikan nila berkualitas dan bernilai jual tinggi. Untuk pakan yang berkualitas mempunyai kriteria-kriteria yang sudah ditentukan, berikut ini beberapa kriteria pakan ikan nila berkualitas yang harus Anda pahami sebelum membudidayakan ikan nila.

Kandungan

Pakan ikan nila berkualitas tentunya harus bisa menyalurkan nutrisi sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh ikan nila, tak hanya membuat ikan merasa kenyang. Sebab nutrisi tersebut bisa membantu ikan untuk tumbuh dan berkembang jadi akan menguntungkan ketika dijual ke pasar.

Sifat Pakan

Ciri pakan yang berkualitas juga harus mempunyai sifat yang sesuai dengan kebiasaan biologis ikan. Pakan yang sesuai bisa lebih efektif diserap oleh tubuh ikan sehingga pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat dan menimalisir dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan pakan yang tidak sesuai, seperti pencemaran lingkungan serta harga yang relatif mahal.

Penentuan Kualitas Pakan

Anda bisa dengan mudah menentukan kualitas pakan dengan metode sederhana. Tidak memerlukan cara yang rumit, Anda sudah bisa mengetahui apakah pelet yang digunakan berkualitas atau tidak.

Pelet yang berkualitas memiliki ciri-ciri tidak mudah hancur di dalam air, pelet harus bisa bertahan dalam air selama minimal 10 menit dengan kondisi utuh tidak hancur. Untuk pakan pelet tenggelam, pelet tidak akan langsung tenggelam tetapi tenggelam secara perlahan-lahan hingga memiliki fase melayang.

Baca Juga:
Waspada! Ini 5 Penyakit dan Hama yang Menghambat Proses Produksi Daun Teh
Tips Jitu Menjaga Kualitas Air Kolam Agar Ikan Lele Tetap Sehat
Terapkan 5 Konsep Ini, Dijamin Hasil Budidaya Ikan Nila Melimpah!

Salah satu caranya yaitu Anda bisa mengetahuinya dari aroma yang dimiliki pelet untuk merangsang nafsu makan ikan. Dan yang terakhir, untuk pelet berkualitas bisa disimpan maksimum selama dua bulan tanpa merusak kualitas pakan.

Identifikasi Pakan Tidak Berkualitas

Mirip dengan mencari tau pakan yang berkualitas, untuk menentukan pakan ikan nila yang tak berkualitas cukup gampang, Anda hanya perlu identifikasi pakan dengan memegangnya. Pakan yang tidak bagus saat dipegang akan terasa banyak butiran debu, berwarna keputihan karena terdapat jamur yang menempel, mudah hancur dalam air dan aromanya tidak bisa mengundang selera ikan untuk makan.

Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Cara Memberikan Pakan yang Benar

Akan terbuang percuma, bila Anda sudah menggunakan pakan berkualitas tetapi dalam aplikasi pemberiannya masih salah. Anda harus memberikan pakan ikan sesuai dengan peningkatan bobot populasi ikan yang dipelihara, jangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Berikan di waktu yang tepat dan rutin.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Wajib Anda Tau, Kriteria Pakan Berkualitas Sebelum Budidaya Ikan Nila” dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Waring Ikan untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s