Tips Jitu Menjaga Kualitas Air Kolam Agar Ikan Lele Tetap Sehat

Cara Mengola Kualitas Air

Lele memang merupakan salah satu jenis ikan yang mudah tumbuh dan berkembang biak di kolam apa saja. Akan tetapi, bukan berarti kualitas air kolam bisa diabaikan begitu saja oleh para pembudidaya. Oleh karena itu, Anda juga harus menjaga kualitas air kolam ikan lele rutin setiap hari supaya ikan tidak mati keracunan akibat kualitas air yang tak baik.

Ciri-ciri kualitas air kolam menurun ditandai dengan tercium bau busuk yang ditimbulkan oleh amonia. Apabila sudah tercium bau, pembudidaya harus mengurangi pemberian pakan. Selanjutnya, berikan kapur pertanian sebanyak 10—20 gram/m3 air media.

Jika kualitas air kolam sudah sangat buruk, tingkah laku ikan lele menjadi berubah, seperti aktivitas makan yang menurun. Jika sudah terjadi seperti itu, buang air kolam bagian bawah sebanyak 30 persen dan diganti dengan air yang baru. Selanjutnya, berikan larutan garam gosok dengan takaran 1—3 kg/m3 dan pemberian pakan sementara waktu harus sedikit dikurangi.

Salah satu cara menjaga kualitas air kolam ikan lele adalah dengan memberikan pakan yang tepat. Dengan begitu, pakan akan dikonsumsi dengan baik dan persentase pakan yang tidak terkonsumsi dan akhirnya mengendap di dasar kolam tidak terlalu besar. Untuk pakan yang terakumulasi di dasar kolam yang tak dibersihkan bisa menjadi penyebab kualitas air kolam semakin menurun.

Baca Juga:
Terapkan 5 Konsep Ini, Dijamin Hasil Budidaya Ikan Nila Melimpah!
Jenis Tanaman yang Sulit Berbuah Saat Musim Hujan, Apa Itu?
Ingin Budidaya Jambu Biji Anda Rajin Berbuah, Terapkan Cara Jitu Ini!

Untuk mananganinya Anda bisa memberikan probiotik dalam pakan ikan supaya membentuk bioflok. Bioflok merupakan gabuangan dari kata ‘bios’ (kehidupan) dan ‘flock’ (gumpalan). Jika diartikan, biofolok merupakan kumpulan dari berbagai macam organisme seperti bakteri, mikoralga, ragi, protozoa, dan semacamnya. Mikroorganisme tersebut bersatu dalam satu gumpalan.

Gumpalan atau bioflok berfungsi untuk menambahkan organisme hidup dalam media kolam. Mikroorganisme tersebut dapat berperan menjadi pakan alami ikan lele, tetapi juga dapat menjaga keseimbangan air kolam sehingga ikan lele menjadi lebih sehat.

Probiotik juga dapat diberikan dengan menambahkan probiotik khusus air sebanyak 300 ml untuk setiap 1 kg pakan fermentasi yang diberikan pada benih lele. Pemberian pakan ini dilakukan rutin setiap sore selama masa pemeliharaan.

Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI

Selanjutnya, Anda juga harus melakukan pemantauan kepekatan bioflok dalam kolam secara rutin setiap 5—7 hari sekali. Sebab bioflok tak boleh terlalu pekat yang ditandai dengan jumlah endapan dasar kolam lebih dari 10% dari volume air media.

Untuk endapan tersebut harus dikeluarkan dengan cara mengalirkan air kolam bagian bawah sebanyak 25%. Tahap pembuangan tersebut berlangsung selama 5—10 menit dengan kondisi intalasi aerasi yang dimatikan.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Tips Jitu Menjaga Kualitas Air Kolam Agar Ikan Lele Tetap Sehat” dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Waring Ikan untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s